Minggu, 19 Juni 2016

Solusi Untuk Berat Badan Yang Ideal



Image result for berat badan

Berat Badan merupakan ukuran yang lazim atau sering dipakai untuk menilai keadaan suatu gizi manusia. Berdasar literatur Cipto Surono dalam Mabella 2000 : 10, mengatakan bahwa berat badan adalah ukuran tubuh dalam sisi beratnya yang ditimbang dalam keadaan berpakaian minimal tanpa perlengkapan apapun. Berat badan diukur dengan alat ukur berat badan dengan suatu satuan kilogram. Dengan mengetahui berat badan seseorang maka kita akan dapat memperkirakan tingkat kesehatan atau gizi seseorang. 


Beberapa tips berikut masih dalam konteks ringan dan bisa anda lakukan secara mandiri tanpa harus berkonsultasi atau berdiskusi dengan dokter atau praktisi khusus. Karena ditujukan untuk menjaga berat badan dan juga demi kesehatan, maka poin-poin berikut tidak hanya dilakukan untuk menurunkan berat badan, tetapi untuk menjaganya tetap dalam ukuran ideal, sehingga harus menjadi rutinitas yang tidak bisa dipisahkan lagi dari kehidupan sehari-hari.

1. Buat Jurnal Aktivitas Makan

Memang agak aneh, tetapi beberapa studi menunjukkan bahwa orang-orang yang selalu menuliskan apa yang telah mereka makan lebih mawas terhadap apa yang akan mereka makan selanjutnya dan bisa melakukan kontrol serta memilih asupan makanan yang benar. Secara mendasar, anda akan “merasa bersalah” jika pada suatu bagian jurnal, anda membaca bahwa pada suatu ketika anda memakan makanan yang ternyata tidak baik untuk program diet yang anda jalani.


2. Jangan Lewatkan Makan Pagi

Makan pagi atau sarapan tidak boleh dianggap sepele. Telah dibuktikan dan merupakan fakta bahwa makan pagi membantu menstabilkan metabolisme tubuh sepanjang hari. Makan pagi juga membantu mengontrol selera makan. Karena mereka yang melewatkan makan pagi biasanya memiliki selera atau keinginan makan yang sangat tinggi pada siang dan malam harinya. Namun demikian, perhatikan asupan sarapan yang hendak anda santap. Upayakan menyantap makanan berserat dan sehat seperti buah-buahan, sayur-sayuran, dan makanan-makanan rendah gula lainnya.

3. Kontrol Porsi Makan

Banyak dari kita yang makan terlalu banyak, lantaran rasa kenyang datang terlambat atau karena kerakusan kita dalam menyantap makanan. Bahkan porsi makanan sehat pun akan berdampak buruk jika porsinya berlebihan. Pikirkan mengenai porsi makan. Jika perlu atur waktu makan yang tepat dan bagi porsi makan anda.

4. Perbanyak Konsumsi Serat

Sebagaimana yang telah disebutkan, makanan kaya serat akan membuat anda cepat kenyang dan memperlancar proses pencernaan. Perbanyak konsumsi buah segar dan sayuran mentah. Makan makanan berserat tinggi juga akan membuat rasa kenyang lebih lama.

5. Snack yang Sehat

Jika anda tidak dapat menghindari makan makanan ringan diantara makan besar, pastikan camilan yang anda makan adalah camilan yang sehat. Hindari junk food dan pilih alternatif lain yang menyehatkan dan rendah lemak, gula, serta kalori.

6. Olahraga Minimal 30 Menit per Hari

Sediakan waktu sekurang-kurangnya 30 menit per hari untuk melakukan olahraga. Tujuannya adalah untuk menjaga aktivitas metabolisme tubuh tetap lancar. Anda bisa memulainya dengan olahraga ringan seperti jalan kaki hingga berbagai olahraga yang baik untuk menurunkan kalori.

7. Tidur yang Cukup

Berbagai penelitian menyebutkan bahwa sedikit tidur tidak berkaitan dengan penurunan berat badan dan justru dapat meningkatkan berat badan. Anda membutuhkan sekurang-kurangnya 7 – 8 jam untuk tidur. Tidur yang cukup menjaga kebugaran tubuh dan menghindarkan anda dari porsi makan berlebih dan asupan makanan yang tidak sehat.

8. Tingkatkan Motivasi

Motivasi diri anda sendiri bahwa hidup sehat dan berat badan ideal adalah hal penting.Kelebihan berat badan dan obesitas memiliki banyak efek buruk dan resiko penyakit yang sangat tinggi. Ceritakan pula kepada teman dan keluarga mengenai program diet dan manajemen berat badan yang sedang anda lakukan. Dukungan orang sekitar serta pemahaman dari mereka akan membuat upaya yang anda lakukan semakin berarti dan memberikan suasanana yang kondusif bagi pelaksanaannya.

9. Temukan Partner

Akan lebih baik jika anda bisa memiliki partner untuk melakukan berbagai upaya untuk menurunkan berat badan. Anda dan rekan anda dapat saling mengontrol, mengingatkan, dan membuat target bersama-sama sehingga upaya penurunan berat badan menjadi semakin maksimal. Aktivitas olahraga dan makan makanan sehat pun bisa menjadi lebih menyenangkan.

10. Konsumsi Air dalam Jumlah Cukup

Pastikan anda minum antara 8 – 10 gelas air per hari, atau sekitar 1,8 liter air. Ini untuk menjaga tubuh memiliki cairan yang cukup, memperlancar metabolisme lemak, dan membakar kalori lebih banyak. Air memiliki segudang manfaat, oleh karena itu konsumsilah air dalam jumlah optimal. Konsumsi air dalam jumlah cukup juga akan mengurangi asupan beberapa jenis minuman, misalnya softdrink, yang terbukti berefek buruk bagi kesehatan dan berat badan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar