Selasa, 20 Agustus 2013

Tips Jitu Menjaga Kesehatan Mata

Mata adalah anugerah Allah yang tidak ternilai harganya yang patut untuk kita syukuri. fungsi mata sangatlah banyak dan penting bagi kelangsungan hidup manusia, oleh sebab itu kita harus menjaga dan merawatnya agar tidak mengalami kerusakan. Banyak aktifitas yang tanpa kita sadari dapat merusak mata kita, untuk itu ada banyak hal yang harus kita perhatikan dan kita lakukan untuk menjaga kesehatan mata kita.




Berikut adalah beberapa tips menjaga kesehatan mata kita: 

Perbanyak mengkonsumsi vitamin A
kita tau bahwa vitamin A berperan penting dalam menjaga kesehatan mata. Vitamin A selain untuk mempertahankan kesehatan mata pada umumnya juga untuk mencegah penyakit xeroftalmia, xeroftalmia adalah penyakit mata yang disebabkan karena kurangnya asupan Vitamin A, anda bisa mendapatkannya dari makanan yang kaya vitamin A seperti buah naga, pepaya dan wortel. Buah anggur juga diketahui dapat mempertahankan kesehatan mata anda dan mencegah degenerasi manula.

Hindari terlalu lama di depan komputer 
kita tau bahwa terlalu lama di depan komputer tidak baik bagi kesehatan mata, karena cahaya yang berasal dari komputer dapat membuat mata kita menjadi sakit dan lama-kelamaan dapat menurunkan ketajaman penglihatan, karena mata sangat sensitif dengan cahaya. jika anda tidak dapat menghindari berlama-lama di depan komputer karena sebuah pekerjaan atau hal yang lain, paling tidak anda dapat meminimalisir efek yang ditimbulkan cahaya komputer pada mata anda. Anda dapat memilih LCD bukan monitor pada komputer anda.


Pergi ke dokter mata
hal ini penting untuk menjaga kesehatan mata anda, anda dapat berkonsultasi seputar masalah yang berkaitan dengan  mata anda.  Untuk pergi ke dokter mata tidak harus menunggu sampai anda punya masalah pada mata anda, pergi ke dokter mata bertujuan untuk mengetahui kesehatan mata anda dan mengidentifikasi  gejala penyakit pada mata agar anda dapat mengatasinya sedini mungkin.

Jangan menyentuh mata dengan tangan
mata sangat sensitif dengan sesuatu yang kasar, sentuhan tangan dapat membuat mata menjadi luka dan berakibat infeksi, jika memang mengharuskan untuk menyentuhnya anda dapat menggunakan tissue atau benda lain yang lembut dan tentunya aman bagi mata.

Memakai pelindung mata
 jika anda memiliki pekerjaan yang diperkirakan berbahaya bagi mata seperti bekerja di pabrik kimia, pemadam kebakaran dan di tempat pengelasan maka anda harus memakai pelindung mata.

Berikan waktu istirahat pada mata anda
 jika anda merasa capek saat membaca atau belajar maka sebaiknya anda menghentikan kegiatan tersebut dan memberikan istirahat pada mata anda.

Memperhatikan kebersihan lensa mata anda
Bagi anda yang menggunakan lensa mata perhatikan saat ingin memakainya, pastikan lensa mata anda bersih dan steril.  Jika bukan kerana kebutuhan usahakan  untuk tidak memakainya.

Jangan mengucek mata
Jangan mengucek mata anda saat merasa gatal atau terkena benda asing seperti debu, mengucek mata sangatlah berbahaya karena dapat menimbulkan infeksi, biasanya mata anda akan mengalami bengkak dan merah saat anda menguceknya. Sebaiknya anda sesegera mungkin untuk membersihkannya dengan air bersih saat merasa gatal.

Menjaga kebersihan mata
Selalu jaga kebersihan mata anda dengan obat khusus pembersih mata yang aman. Anda juga dapat memakai cara yang alami dengan menggunakan daun sirih untuk membersihkan mata, caranya taruh daun sirih di piring yang berisi air hangat, setelah itu tunggu hingga air menjadi keruh karena bercampur dengan larutan daun sirih, kemudian anda dapat memasukkan mata anda ke air tersebut beberapa kali untuk membersihkannya, anda dapat melakukannya secara rutin untuk menjaga kebersihan  mata.

Perhatikan saat membaca
Perhatikan jarak dan tingkat keterangan lampu saat anda membaca, jangan membaca di tempat yang gelap atau lampu yang kurang terang, anda bisa menggunakan lampu khusuh saat membaca. terlalu jauh dan terlalu dekat saat membaca juga akan merusak mata, jarak aman membaca kira-kira 25 cm.

Demikian beberapa tips menjaga kesehatan mata kita, mulailah untuk memperhatikan kesehatan anda sedetail mungkin walaupun itu hal yang sangat kecil, karena sesuatu yang besar itu diawali dari yang kecil, semoga tips untuk menjaga kesehatan mata di atas bisa memberi manfaat bagi pembaca.

Sumber : 
http://fahrudin91.blogspot.com/2013/05/tips-menjaga-kesehatan-mata-kita.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar