Jumat, 31 Mei 2013

Pentingnya Asuransi Bagi Diri Dan Keluarga


Mungkin bagi sebagian orang mendengar kata Asuransi langsung ngeri, dengan banyak alasan masing-masing. Tapi bagi sebagian orang yang mengerti manfaatnya? mereka sangat tertarik dan merasa betapa pentingnya asuransi? Setiap orang memang memiliki pemikiran sendiri-sendiri. Ada yang hanya mengutamakan kepentingan saat ini, namun banyak juga yang sudah merencanakan untuk masa depan yang penuh ketidakpastian. Kita tidak bisa menjamin selalu sehat dan bisa bekerja seperti saat ini. Bahkan, umur kita pun penuh misteri kapan datangnya? Orang yang saat ini sehat, segar dan bugar tidak menjamin bahwa usianya masih panjang? Dan orang yang saat ini terbaring sakit, belum tentu umurnya tinggal sebentar lagi?

Sedia payung sebelum hujan.
 Pepatah lama ini memang sangat penting untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Bahwasanya semua orang memang harus mempersiapkan segala sesuatunya untuk mengantisipasi hal-hal yang mungkin akan terjadi. Jadi saat hujan benar-benar turun, kita sudah punya payung untuk melindungi diri dari guyuran hujan.

Asuransi penting banget bagi kita. Yah, namanya musibah siapa yang tau dan siapa yang mau terkena musibah. Sekarang jaman susah, sayang ngeluarin duit jutaan buat rumah sakit. Dengan asuransi kan kita bisa bebas biaya, atau paling tidak meringankan beban biaya keluarga jika hal terburuk terjadi.

Lalu bagaimana dengan persiapan biaya pendidikan anak-anak kita.  Saat ini biaya pendidikan semakin mahal, jika tidak dipersiapkan sejak dini apakah kita sudah mempunyai tabungan yang cukup untuk membiayai pendidikan mereka kelak? Bagaimana kalau terjadi sesuatu yang menimpa kita sehingga membuat anak terpaksa tidak bisa melanjutkan pendidikannya.  Dengan asuransi, kita bisa menyiapkan biaya pendidikan anak kita, bahkan jika hal buruk terjadi itu akan dicover asuransi.

Pengertian ASURANSI
Pengertian yang lebih sesuai terhadap asuransi (jaminan) ialah nilai ekonomis seseorang apabila terjadi musibah kematian, sehingga pihak yang ditinggalkan tetap dapat menerima sejumlah uang tertentu yang ada dalam perjanjian polis asuransi, dimana uang tersebut bisa digunakan sebagai biaya hidup oleh pewaris.

Asuransi Jiwa merupakan bentuk perlindungan finansial yang diberikan atas jiwa, kesehatan seseorang terhadap resiko kematian, sakit atau kecelakaan, oleh perusahaan asuransi berdasarkan perjanjian antara Pemegang Polis sebagai Tertanggung dan Perusahaan Asuransi Jiwa sebagai Penanggung sesuai dengan syarat-syarat yang tercantum dalam polis.

Fungsi Asuransi :
  • Transfer Resiko
    Dengan membayar premi yang relatif kecil, seseorang atau perusahaan dapat memindahkan ketidakpastian atas hidup (resiko) ke perusahaan asuransi
  • Kumpulan Dana 
    Premi yang diterima kemudian dihimpun oleh perusahaan asuransi sebagai dana untuk membayar resiko yang terjadi.

Keuntungan Memiliki Asuransi Jiwa:
Asuransi Jiwa perlu dimiliki dengan tujuan untuk memberikan perlindungan terhadap kerugian finansial yang disebabkan oleh resiko ketidakpastian dalam hidup manusia ataupun untuk perencanaan hari tua yang bahagia dan sejahtera.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar