Selasa, 08 Januari 2013

Tips Saat Kapas Cotton Buds Tertinggal Di Liang Telinga


Kita terkadang merasa risih ada kotoran dalam telinga. Untuk mengeluarkan kotoran biasanya kita menggunakancotton buds. Salah satu bahaya yang muncul saat membersihkan lobang telinga dengan cotton buds adalah kapas terlepas dari stik nya dan kapas cotton buds tertinggal dalam lubang telinga. Bagian dalam liang telinga berkelok dan tidak lurus sehingga berpotensi kapascotton buds terlepas dari stiknya.



Berikut hal hal harus kita lakukan saat kapas cotton buds tertinggal di telinga :

  1. Jangan pernah memasukkancotton buds yang baru untuk berusaha mengambilnya, karena hal itu malah dapat menyebabkan kapas yang tertinggal semakin masuk kedalam.
  2. Jangan menggunakan alat apapun untuk mengambilnya, karena resiko gagal 
  3. Tetap tenang dan jangan panik. 
  4. Segera bawa ke dokter atau dokter ahli THT untuk mengambilnya. 
Bila terpaksa cotton buds ingin di ambil sendiri pastikan kapas terlihat dengan jelas pada liang telinga dan dapat dengan mudah dicabut. Gunakan Penjepit bersih/steril yang kecil, kemudian jepit kapas yang tertinggal dan usahakan menarik kapas tersebut secara perlahan. Tetapi Jika tidak berhasil jangan pernah di paksakan.
Anda bisa melihat video cara mengambil cotton buds yang tertinggal di dalam telinga si bawah ini :



Sebenarnya secara alami, kotoran yang berada di dalam liang telinga telinga akan keluar dengan sendirinya tanpa harus di korek - korek. Kotoran dengan sendirinya akan keluar saat kita menguap, berbicara ataupun saat mengunyah makanan. Jadi kalo mau membersihkan lobang telinga cukup pada bagian luar saja dan tidak perlu sampai dalam.

Berikut tips sederhana saat membersihkan lubang telinga dengan cotton buds:
  1. Sebelum digunakan basahi dulu kapas cotton buds dengan baby oil (Minyak Bayi). Hal ini bertujuan untuk melunakkan kotoran bagian luar lobang telinga sehinnga kita mudah mengeluarkannya. 
  2. Pilih cotton buds yang kualitasnya baik. Karena kalau kualitasnya jelek biasanya daya lengket kapas dalam stik kurang kuat sehingga mudah lepas dari stiknya 

Sumber : http://first-treatment.blogspot.com/2012/06/penanganan-kapas-cotton-buds-tertinggal.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar