Rabu, 23 Januari 2013

Mengenal Arti Warna Pada Buah & Sayuran




Lima Warna Kesehatan yang Terabaikan

Sembilan puluh persen penyakit berasal dari makanan yang dikonsumsi.
You are what you eat. Selain mengenyangkan, makanan juga mempengaruhi kesehatan dan pikiran seseorang. Bahkan, sebuah penelitian menjelaskan, sembilan puluh persen penyakit yang diderita adalah berasal dari makanan yang dikonsumsi.

Untuk hidup penuh energi dan stamina, Anda harus memperhatikan nutrisi makanan. Bagaimana caranya? Warna makanan jawabannya.

Setiap warna makanan melambangkan nutrisi dan khasiat di dalamnya. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengkonsumsi lima warna makanan dalam satu piring, seperti yang dilansir Heath India.com.


Merah
: bit, apel merah, anggur merah, delima, rasphberry, stroberi, semangka dan parika merah.

Mengapa?
Buah dan sayur warna merah mengandung berbagai jumlah likopen dan antosianin, dua bahan kimia alami tumbuhan yang kaya antioksidan. Makanan ini sangat baik untuk melawan kanker prostat, jantung, diabetes dan inferilitas pada pria.


Orange: jeruk, pepaya, wortel, labu, lemon, jagung manis dan nanas.

Mengapa?
Segelas besar jus jeruk berikan dosis harian vitamin C, yang membantu penyembuhan luka dan sintesis kolagen. Makanan bewarna kuning adalah makanan yang dikenal dengan kandungan beta karoten tinggi. Dalam tubuh, senyawa ini akan diubah menjadi vitamin A. Keuntungannya untuk tubuh yaitu kulit menjadi mulus, mata sehat dan tulang kuat.

Hijau: bayam, kubis, apel hijau, melon, brokoli, dan alpukat.

Mengapa?
Warna hijau memiliki kosentrasi tinggi terhadap penyerapan kalsium, terutama pada produk susu. Makanan ini mengandung lutein dan zeaxanthin phytochemical, yang berkhasiat untuk menjaga penglihatan mata. Klorofil dalam sayuran hijau juga berfungsi untuk detoks tubuh.

Putih: pisang, kembang kol, pir, kentang, jamur, bawang bombay dan bawang putih.

Mengapa?
Bau bawang memang berdampak pada aroma tubuh, tapi bawang mengandung alicin kompleks, antioksidan kuat. Kandungan ini berfungsi untuk memerangi tekanan darah tinggi dan kadat LDL tinggi. Sayuran dan buah warna pucat ini juga memiliki nutrisi tinggi yang bisa meningkatkan sistem imun tubuh.

Biru: Aubergines, kubis ungu, plum, blueberry, blackberry, plum, anggur ungu dan bit.

Mengapa?
Dulu, blueberry adalah salah satu buah yang terabaikan karena kandungan vitamin C yang rendah. Tapi, saat ini para peneliti merekomendasikan untuk mengkonsumsi blueberry tiap harinya. Alasannya, tingginya kandungan anthocyanin mengurangi resiko tekanan darah tinggi dan serangan jantung. Buah dan sayuran biru juga dikenal sebagai makanan tinggi serat yang dikemas dengan kandungan antioksidan di dalamnya. Dan pangan inijuga telah terbukti sembuhkan kanker pada laki-laki. 



Sumber : http://resepherbalalami.blogspot.com/2012/12/arti-warna-buah-dan-sayuran.html



Tidak ada komentar:

Posting Komentar