Minggu, 27 Januari 2013

Benarkah kencing manis adalah penyakit keturunan?


Benarkah diabetes adalah penyakit keturunan?


Ada beberapa jenis penyakit yang "katanya" penyakit menurun? Salah satu diantaranya adalah diabetes yang lebih tenar dengan istilah kencing manis.  Tidak sedikit orang yang bertanya-tanya apakah kencing manis benar-benar penyakit keturunan? Jawabannya "Ya" dan "Tidak". Tidak ada indikasi yang jelas tentang kencing manis sampai Anda benar-benar mengujinya positif. Penyebab penyakit kencing manis termasuk kecenderungan genetik atau sesuai garis keluarga. Berikut adalah beberapa hal dasar tentang 
kencing manis turun-temurun, seperti yang dilansir di Boldsky.com.

1. Hal pertama dan paling penting adalah untuk memahami tentang 
kencing manis.  Penyakit ini telah menyebar sangat luas. Statistik mengatakan bahwa setiap 1 dari 10 orang dewasa merupakan  penderita kencing manis

2. Intinya adalah seberapa dekat hubungan darah antara Anda dan anggota keluarga Anda yang terkena 
kencing manis?  Misalnya, ibu Anda mengalami kencing manis sehingga meningkatkan risiko Anda terserang kencing manis.  Tetapi itu juga tidak mungkin, jika kencing manis langsung menular dari ibu dan langsung kepada Anda!

3. Ada kemungkinan besar Anda mewarisi diabetes tipe 1 daripada tipe 2. Penyebab diabetes tipe kebanyakan terkait dengan gaya hidup tidak sehat, obesitas, dan stres. Diabetes tipe 1 terjadi karena intoleransi insulin atau ketidakmampuan tubuh untuk memanfaatkan insulin.

4. Jika ayah Anda menderita diabetes, maka ada sekitar 1 dari 17 kemungkinan Anda mengalami itu. Tetapi ada peluang Anda untuk meningkatkan 1 dalam 24, jika ibu Anda menderita diabetes. Namun, ada suatu kondisi. 

5. Jika ibu Anda memiliki diabetes atau kadar gula darah tinggi, Anda perlu was-was dengan catatan kesehatan Anda. Anda juga harus mengkhawatirkan obesitas genetik selain diabetes keturunan.

6. Caranya adalah dengan mengendalikan penyebab diabetes. Jika Anda mempertahankan gaya hidup sehat, maka Anda dapat terhindar dari bahaya diabetes. Meski tak ada keluarga Anda yang terkena diabetes, Anda tetap bisa terkena diabetes akibat gaya hidup tidak sehat.

Jadi, konsumsilah makanan sehat dan berolahraga secara rutin agar terhindar dari bahaya diabetes.

Sumber : http://www.merdeka.com/sehat/benarkah-diabetes-adalah-penyakit-keturunan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar