Sabtu, 24 November 2012

Pencegahan dan Penanganan Gigi Berlubang (Caries)



Gigi berlubang adalah masalah yang umum dialami hampir semua orang yang tidak rajin merawat gigi. keadaan ini banyak di alami oleh anak-anak tapi tidak tertutup kemungkinan orang dewasapun bisa mengalami lubang pada gigi (Caries).

Ada 3 faktor penyebab pembentukan lubang pada gigi :

  1. Kuman yang selalu hadir di dalam mulut.
  2. Sisa-sisa makanan di celah-celah gigi.
  3. Gigi mudah membusuk (Keturunan)
Kegiatan kuman di dalam sisa makanan akan menghasilkan asam-asam yang menghancurkan zat kapur yang ada di dalam email gigi. Kalau kerusakan itu membuat lubang pada gigi, maka pelayanan dokter gigi diperlukan untuk menangani permasalahan ini.

Hampir 95% orang Amerika menderita caries (Lubang gigi)paling sedikit satu kali selama hidup. Separuh dari anak-anak yang berumur tiga tahun mempunyai caries (Lubang gigi). Rata-rata anak sekolah dasar mempunyai tiga atau empat gigi yang sudah berlubang.


Untuk mencegah gigi berlubang (Caries), ikutilah tips berikut ini :
  1. Bersihkan gigi anda segera setelah makan.
  2. Makanlah secukupnya makanan alamiah.
  3. Batasilah makan makanan seperti kue kering, gula-gula dan minuman yang bersoda karena mengandung banyak gula. Dalam keadaan yang baikpun seseorang bisa mengalami lubang pada giginya, oleh karena itu adalah hal yang bijaksana jika kita memeriksakan gigi kepada dokter gigi secara teratur, supaya dokter merawat gigi kita dan dapat memberikan anjuran cara pemeliharaannya.
Apa Yang Harus dilakukan jika gigi sudah berlubang ?
  1. Orang yang sudah mengetahui giginya berlubang haruslah memeriksakannya kepada dokter gigi. Lobang gigi yang dibiarkan begitu saja akhirnya akan bertambah dalam sehingga menembus lapisan gigi hingga kelapisan saraf, yang mana dapat mengakibatkan gigi menjadi sakit dan akhirnya merusak gigi tersebut secara permanen.
  2. Mintalah nasihat dokter gigi paling sedikit dua kali setahun (6 bulan sekali), periksakanlah gigi secara keseluruhan.
  3. Segera setelah makan bersihkanlah gigi dengan menyikat dengan benar dan berkumur.
  4. Hindarilah makan atau minum yang manis-manis jika terdapat lubang pada gigi karena bisa memicu sakit pada lubang gigi.
  5. Kurangilah jumlah makan makanan yang berbiji agar tidak masuk kedalam lubang gigi yang dapat berakibat sakit pada lubang gigi.
Demikian sedikit tips dan anjuran menghadapi lubang pada gigi, semoga bermanfaat.

Sumber : 
http://jayruhal.blogspot.com/2012/06/gigi-berlubang-caries.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar